YAPEKOPA

Sejumlah Kelurahan Dalam Kota di Mimika Minta Dijadikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

kelurahan_di_timika_minta_dijadikan_opd_tersendiri
Aser Gobai saat reses tahap 3 tahun 2023

Mimika - Sejumlah kelurahan dalam kota di Timika meminta untuk dijadikan OPD (organisasi perangkat daerah) tersendiri. Hal ini diungkap Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Mimika, Aser Gobai, Timika (7/01/2024).

Aser menjelaskan beberapa sebab sejumlah kelurahan meminta untuk dijadikan OPD tersendiri, dan yang akan dicari jalan keluarnya oleh Fraksi Partai Nasdem.

"Misalnya data pelaku UKM yang berpihak pada OAP tidak terdata dengan baik dan yang harus dikerjakan oleh kelurahan tetapi ada keterbatasan kewenangan dan anggaran," jelasnya.

"Termasuk biaya operasional yang harus diberikan kepada RT dan RW untuk mendukung kerja-kerja mereka yang paling dekat dengan masyarakat," sambungnya.

Selama ini, kata Aser, Ketua-Ketua RT mendapat biaya operasional langsung dari Pemda yang nilainya akan diusulkan oleh Fraksi Nasdem untuk dinaikkan.

"Sementara pesoalan lainnya, operasional untuk RW tidak diberikan dan ini sangat mengganggu kerja-kerja RW yang langsung berhubungan dengan warga seperti halnya RT," kata Aser.

Aser juga meminta agar Pemda memperhatikan hal dimaksud dan menyelesaikan keluhan dari kelurahan maupun RW, karena secara aturan kelurahan sudah tidak bisa dijadikan OPD.

"Akan tetapi, Agar RW dan RT dapat semakin aktif dalam menjalankan peran dan fungsi mereka di lapangan, maka ini harus dibuat jalan keluarnya," tandas Aser Gobai yang juga merupakan Pimpinan Partai Nasdem di Kabupaten Mimika.Dani

WhatsApp +6282122323345
Email admin@yapekopa.org

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak