YAPEKOPA

Perempuan Muda Papua yang Siap Memberanikan Diri untuk Memproteksi Hak-Hak Masyarakat Adat Papua di DPR RI

adriana_yogi_partai_ummat
Aktivis Perempuan dan Perlindungan Tanah dan Masyarakat Adat Papua, Adriana Yogi, S.Sos.

Nabire - Putri Muda asal Papua, Adriana Yogi, anak pertama dari Agustinus Yogi mencoba untuk merebut satu kursi DPR-RI periode 2024-2029 pada Pemilu 2024 mendatang.

Adriana melalui pesan teks whatsApp mengatakan, kondisi daerah dan masyarakat di daerahnya yang menjadi salah satu alasan utama mengapa ia memberanikan diri untuk mengajukan diri sebagai bakal calon DPR RI.

Menurut Adriana, sebagai perempuan dirinya hanya bermodalkan kasih sayang pada masyarakat. Dan dirinya hanya perempuan yang punya kerinduan besar untuk melayani di atas tanah dan wilayahnya sendiri.

Soal menang dan tidaknya dalam Pemilu 2024, Adriana menyatakan bahwa ia menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan.

"Semuanya akan saya serahkan pada Tuhan Pemilu 2024 ini. Untuk lolos dan tidaknya, itu bukan ukuran bagi saya," tutur Adriana, Nabire, 4/9/2023.

Ada beberapa masalah mendasar di beberapa kabupaten di Papua Tengah yang menjadi catatan Adriana selama ini, dan masalah-masalah tersebut tidak pernah mendapat perhatian secara serius dari pemangku kepentingan.

"Sesuai dengan moto saya 'Menjangkau yang Tidak Terjangkau', secara khusus wilayah Papua Tengah seperti Paniai, Deiyai, Dogiyai, dan Intan Jaya.

"Saya akan melihat kekurangan Kabupaten [tersebut], seperti air bersih, jaringan listrik dan sebagainya, akan saya lakukan (tuntaskan itu jika dipercayakan masyarakat)," ujarnya Aktivis Perempuan ini.

Adriana menyatakan akan menuntaskan masalah-masalah tersebut bukan karena dirinya merupakan Anggota DPR RI.

"Namun, itu bagian rasa sayang kepada masyarakat saya di beberapa kabupaten di Provinsi Papua Tengah," ucapnya.

Adriana juga memperjelas bahwa apa yang dikatakannya masih dalam tahap perencanaan, karena semua calon anggota legislatif baik di tingkat pusat, daerah provinsi dan kabupaten/kota masih berstatus Calon Sementara.

"Untuk lebih jelasnya, [tahun] 2024 akan muncul lebih jelas sosok Calon Tetap," tandas Perempuan Muda Papua yang fokus mengangkat isu-isu perlindungan tanah dan masyarakat adat di Papua.

Untuk diketahui, Adriana Yogi merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa Yogyakarta. Adriana bergelar Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos).

Adriana memiliki Moto: "Menjangkau yang Tidak Terjangkau".

Adriana sendiri mencalonkan diri dari Partai Ummat dan ditempatkan pada Nomor Urut 1 dari Dapil Provinsi Papua Tengah.

Wilayah pemilihan Dapil Papua Tengah yakni di Kabupaten Nabire, Paniai, Deiyai, Dogiay, Mimika, Intan Jaya, Puncak dan Puncak Jaya.

Bagi yang ingin mengetahui konsentrasi dan aktivisme Adriana Yogi selama ini, boleh mengunjungi channel youtube Diana Yogi Channel.

Di channel youtube Diana Yogi Channel, Adriana juga mengunggah satu video musik dengan judul "Stop Jual Tanah Adat". lagu tersebut merupakan karyanya yang dibuat karena kepeduliannya terhadap tanah adat di Papua yang sering menjadi objek untuk dijual oleh masyarakat di Papua.

Adriana bukan saja sebagai pencipta lagu dengan judul tersebut. Dia sekaligus yang menjadi penyanyi dengan suaranya yang sangat khas.(MG)

Editor: Stv

WhatsApp +6282122323345
Email admin@yapekopa.org

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak