YAPEKOPA

Timika Aman Sebelum dan Setelah Upacara HUT Ke-78 RI, Aser Gobai: Berkat Kerja Sama Semua Pihak

hut_ri_ke_78_kabupaten_mimika
Ketua DPD NasDem Mimika, Aser Gobai, S.T. (kiri), Sekda Mimika Dr. Petrus Yumte, S.H., M.Si. (kanan)

Mimika - Hari Kemerdekaan Indonesia yang Ke-78 Tahun di Kota Timika, Papua Tengah, berjalan lancar tanpa ada gangguan keamanan maupun gangguan aktivitas warga. Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai NasDem Mimika, Aser Gobai, Kamis, 17/8/2023.

"Situasi kota Timika pada hari ini, di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun, dalam kondisi aman baik sebelum upacara maupun setelah upacara," katanya saat dihubungi.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi karena ini berkat kerja sama semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketenangan sehingga upacara yang dilangsungkan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika dapat berjalan dengan lancar.

"Secara khusus kepada warga masyarakat yang telah bekerja sama dengan Penjabat Bupati Mimika, Sekda Mimika serta aparat keamanan baik dari Polri maupun TNI untuk menyukseskan HUT ke-78 Republik Indonesia," tuturnya.

Dikatakan Aser, upacara kali ini sangat berbeda dari biasanya karena yang menjadi inspektur upacara adalah Pj. Bupati Mimika yang bukan dipilih langsung oleh rakyat tetapi sangat dekat dengan masyarakat.

"Dan itu meninggalkan pesan dan kesan persatuan Indonesia yang sangat baik dan mengharukan bagi semua yang hadir dan mengikuti upacara hari ini," kata Aser.

"Bahkan Sekda yang dalam kondisi mengalami sakit pun tidak mau ketinggalan momen persatuan melalui upacara hari ini," sambungnya.

Aser juga berharap, melalui HUT Ke-74 Republik Indonesia masyarakat semakin bersatu padu membangun Kota Mimika untuk lebih baik.

"Mimika adalah Kota Semua Umat, jadi kita harus sama-sama menjaga dan membangun kota ini dengan tetap memperhatikan hak-hak masyarakat adat asli yang ada," harapnya.

Selain itu, Aser juga menjelaskan terkait situasi Distrik Tembagapura yang beberapa hari lalu terjadi dugaan peristiwa penembakan. Menurutnya ada sedikit kecemasan yang disebabkan adanya dugaan bunyi letusan senjata api yang sempat terdengar oleh masyarakat atau karyawan dan aparat yang lakukan penjagaan di wilayah itu.

"Saya tidak bisa pastikan langsung situasi saat ini dan kemarin di Tembagapura, tapi menurut informasi yang kami dapat dari masyarakat maupun aparat kepolisian dan TNI sempat terdengar bunyi yang mirip suara tembakan senjata api," ujarnya.

Peristiwa bunyi letusan yang mirip letusan senjata api itu, kata dia, terjadi pada Selasa, 15/5/8/2023, dan dekat dengan perumahan karyawan freeport.

"Masih menurut informasi yang kami dapat, bunyi tembakan (senjata) itu terdengar pada hari selasa siang di dekat pemukiman karyawan freeport atau di dekat Pos Penjagaan di Hidden Valley," jelasnya.

Satuan Tugas (Satgas) Gabungan di Tembagapura, kata Aser, langsung melakukan penyisiran untuk lakukan pendalaman terkait peristiwa tersebut.

"Tapi sampai sekarang kami belum dapat informasi pastinya seperti apa, apakah itu benar suara tembakan atau bunyi lain yang hanya kebetulan terdengar mirip seperti suara tembakan," tandasnya. Daniel

WhatsApp +6282122323345
Email admin@yapekopa.org

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak