YAPEKOPA

Pj. Gubernur Papua Tengah Diharapkan Lantik Pj. Sekda Mimika

Anggota DPRD Mimika dari Fraksi NasDem meminta Gubernur Papua Tengah untuk segera beri kepastian mengenai status Plt. Bupati dan lantik Pj. Sekda Mimika sebagai Plt. Bupati

pejabat-sekda-mimika-laksanakan-tugas-bupati
Aser Gobai

Timika - Anggota DPRD Kabupaten Mimika dari Fraksi NasDem, Aser Gobai, mempertanyakan status Pj. Sekda Mimika sebagai pengendali jalannya pemerintahan Kabupaten Mimika.

Hal itu dipertanyakan karena masih terdapat simpang siur mengenai siapa yang berwenang membuat keputusan dalam pemerintahan di Kabupaten Mimika.

"Jika karena status Bupati dan Wakil Bupati yang sementara berurusan dengan hukum yang mendasari pejabat Sekda diminta untuk mengendalikan situasi pemerintahan, lalu apakah pejabat Sekda juga diberikan kewenangan menandatangani suatu SK?" Kata Aser mempertanyakan melalui sambungan telepon seluler saat kami meminta tanggapannya terkait status Pj. Sekda Mimika seperti yang disampaikan Pj. Gubernur Papua Tengah, Selasa (28/02/2023).

Aser juga meminta agar status Pj. Sekda Mimika sebagai pengendali pemerintahan harus punya landasan yang berakar pada peraturan perundang-undangan, agar tidak ada kendala serta permasalahan di kemudian hari.

Tidak lupa ia meminta supaya Pemprov Papua Tengah menjelaskan kepada publik mengenai status Plt. Bupati agar masyarakat tidak curiga dan penasaran.

"Jadi, sekali lagi, kami minta supaya ada kejelasan dan penegasan mengenai status Pejabat Sekda, biar semua tau dan tidak kebingungan," tutur Aser.

"Apakah Plt Bupati Mimika sudah tidak memiliki kewenangan lagi ataukah kewenangannya dibatasi karena permasalaham hukum. Ini harus dijelaskan supaya PNS, ASN, dan masyarat tau dan tidak bertanya-tanya," sambungnya.

Meski begitu, kata Aser, Fraksi NasDem DPRD Mimika sepakat dengan keputusan yang telah dibuat oleh Pj. Gubernur Papua Tengah agar Pj Sekda Mimika mengerjakan peran dan tanggung jawab Bupati Mimika

"Untuk itu, kami berharap Ibu Pejabat Gubernur secepat mungkin lakukan koordinasi dengan Provinsi Papua untuk melantik pejabat Sekda sebagai Plt. Bupati Mimika agar Sekda tidak terkendala selama mengawasi jalannya roda pemerintahan Kabupaten Mimika," kata Aser. Dnl

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak