YAPEKOPA

Besok Jaringan Internet Mengalami Penurunan Kualitas di Timika, Merauke, dan Kaimana

jaringan-internet-timika-mengalami-penurunan-kualitas
Proses perbaikan kabel bawah laut

Timika - Kapasitas jaringan internet di Mimika, Kaimana, dan Merauke akan mengalami penurunan pada besok, Rabu (1/3/2023). Kondisi ini karena PT Telkom telah menetapkan perawatan optimalisasi Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) untuk ruas Sorong–Merauke, setelah rencana perawatan sebelumnya tertunda.

General Manager (GM) Telkom Witel Papua, Agus Widhiarsama mengatakan perawatan SKKL guna mewujudkan harapan masyarakat yang menginginkan layanan telekomunikasi selalu dalam kondisi terbaik. Dan untuk mendapat hasil terbaik itu, pemelihatan rutin SKKL harus dilakukan pada kabel yang teridentifikasi mengalami gangguan (shunt fault) di kedalaman 33 meter dengan jarak 107 km dari daratan Merauke.

“Apabila tidak segera dilakukan penanganan optimalisasi, kondisi ini berpotensi mengakibatkan jaringan terputus,” cetus Agus seperti yang dikutip dari pers rilis yang diterima redaksi Yapekopa, Selasa (28/2/2023).

PT Telkom telah melakukan identifikasi detail dan presisi, seperti lakukan penyiapan peralatan yang dibutuhkan dan pemetaan kondisi medan di lapangan oleh tim teknis. Sementara itu, kata Agus, saat ini seluruh kebutuhan teknis telah selesai dipersiapkan, baik dari sisi tim, sarana, prasarana, dan lain-lain.

“Pemeliharaan jaringan ini akan berdampak bagi masyarakat di area Merauke, Timika, dan Kaimana,” terangnya.

Telkom telah mempersiapkan link backup Palapa Ring Timur dan backup satelit yang kapasitas bandwidth-nya terbatas. Karena itu, kata Agus, layanan komunikasi di area Merauke, Timika, dan Kaimana akan mengalami penurunan kualitas saat pelaksanaan optimalisasi SKKL.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Telkom terus berupaya maksimal dan mohon doa serta dukungannya, semoga proses pemeliharaan ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Agus mengakhiri. Stv.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak