YAPEKOPA

Profil Pejabat Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo

nikolaus_kondomo_pj_gubernur_papua_pegunungan
Pj. Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo bersama istri

Papua - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara resmi telah mengumumkan bahwa jumlah provinsi di Indonesia berjumlah 37 dari sebelumnya 34, pada Jumat 11 November 2022. Salah satu provinsi baru tersebut adalah Provinsi Papua Pegunungan, dan yang ditunjuk menjadi Penjabat Gubernur atau PJ provinsi baru ini adalah Nikolaus Kondomo.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/P Tahun 2022. Sementara itu, Nikolaus Kondomo telah resmi dilantik dan mengucapkan janji jabatan di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kemendagri. Dan sebagaimana tertuang dalam Keppres, Nikolaus akan menjabat paling lama selama satu tahun.

Baca juga

Kejati Papua Sidik Dugaan Korupsi Pesawat dan Helikopter di Timika

Profil Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo

Nikolaus Kondomo merupakan pria asli Papua yang lahir pada 13 Maret 1964 di Merauke, ibu kota dari provinsi Papua Selatan saat ini. Ia pernah mengenyam pendidikan S1 di Universitas 17 Agustus 1945 jurusan Hukum Pidana. Pendidikannya kemudian dilanjut untuk mendapatkan gelar magister hukum di Universitas Cenderawasih.

Nikolaus telah memiliki riwayat panjang dalam karier hukumnya sebelum dilantik sebagai PJ Gubernur Papua Pegunungan. Ia juga memiliki beberapa riwayat jabatan dan ia memulai kariernya dengan menjadi Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Papua pada 2012.

Baca juga

Rincian Rp45,3 Miliar yang harus Dibayarkan Asian One Air ke Pemkab Mimika hingga Dugaan Penggelapan

Kemudian ia menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri atau Kejati Sleman pada 2014. Sleman menjadi tempat yang paling berkesan untuknya karena selain sebagai kota budaya, juga tempat dirinya bertemu dengan sang istri.

Setahun kemudian, ia melanjutkan karier hukumnya di Asisten Pengawasan Kejati Jatim 2015. Lalu pada 2017, ia diamanahi sebagai Koordinator di Kejakasaan Agung atau Kejagung Datun: Jam Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung RI. Dilanjutkannya untuk menjabat sebagai Wakil Kejati Sulawesi Tengah pada 2018.

Baca juga

Pemkab Mimika Tidak Tegas ke Asian One Air, NasDem Mimika: Ada Apa?

Kembali ke tanah Papua, ia mulai memegang posisi sebagai Wakil Kejati Papua pada 2019. Di tahun yang sama, pria yang memiliki jabatan bintang dua di Kejaksaan Republik Indonesia saat itu, mulai mengampu jabatan Kejati Papua selama dua tahun lebih.

Selain itu, ia pernah diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kerja Sama Internasional Kejaksaan Agung. Hingga akhirnya dipercaya sebagai Pj Provinsi Papua Pegunungan. Red

WhatsApp +6282122323345
Email admin@yapekopa.org

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak