YAPEKOPA

Kasus Lakalantas di Dogiyai, Anggota DPR Papua Minta Masyarakat Tempuh Jalan Damai dan Polisi Harus Profesional

kerusuhan_dogiyai_laurens_kadepa_minta_polisi_bertindak_profesional
Laurenzus Kadepa

Jayapura-Kasus Lakalantas di Dogiyai, Papua, yang menewaskan bocah berumur 5 tahun yang kemudian berujung pembunuhan, penembakan dan pembakaran rumah warga telah menjadi perhatian semua pihak. 

Menaggapi peristiwa itu, Anggota Komisi I DPR Papua Laurenzus Kadepa menyampaikan rasa berduka cita kepada para korban dalam peristiwa di Dogiyai.

"Saya turut berduka atas korban lakalantas maupun korban yang lain dari peristiwa yang terjadi di Dogiyai Papua Tengah ini." Tulis Laurenzus Kadepa dalam pesan yang dikirimkan kepada kami, Rabu (16/11/2022).

Selain menyampaikan turut berduka cita, Kadepa sapaan akrab Laurenzus Kadepa, juga meminta masyarakat dapat menahan diri dan mengedepankan penyelesaian masalah dengan cara baik-baik agar tidak menimbulkan korban dari pihak yang tidak bersalah dan yang tidak terlibat.

"Kepada masyarakat agar dapat menahan diri, kedepankan penyelesaian masalah dengan baik sehingga tidak mengorbankan lain yang tidak salah," kata Kadepa dalam pesan yang sama.

Baca juga

Rekomendasi 7 Negara Dalam Sidang UPR (PBB) Kepada Indonesia, Terkait HAM dan Demokrasi Papua

Kepada pengandara mobil dan truck, kata Kadepa, harus lebih berhati-hati saat berkendara

"Kepada para pengendara mobil, truk agar membawa kendaraan dengan kesadaran tinggi," ujarnya.

Pesan itu disampaikan kepada pengendara karena Kadepa sendiri pernah menyaksikan banyak pengendara yang kebut-kebutan saat berkendara.

"Saya asal Meepago sangat tahu betul kalau orang membawa kendaraan selalu membabi buta dan akibatnya banyak korban lakalantas selama ini yang berujung maut dan luka-luka," lanjutnya.

Menurut politisi asal Partai NasDem itu, para sopir harus menyadari dan tahu bagaimana ketika mengendarai kendaraan dalam lingkungan pemukiman warga di perkampungan, sehingga bisa lebih berhati-hati.

Baca juga

Aser Gobai Minta Pemerintah Pusat Lindungi Hak Masyarakat Adat di Mimika dan Buruh

Guna mengatasi persoalan, dikatakan Laurenzus pemerintah daerah setempat harus hadir tepat waktu ke tengah-tengah warga.

"Kepada pihak pemerintah daerah dibutuhkan kehadiran secara cepat tepat dan terukur dalam mengatasi masalah masyarakat." Kata Laurenzus.

Untuk mencegah kejadian lakalantas tidak berulang, Kadepa meminta Pemkab Dogiyai, Deiyai, dan Paniai harus menertibkan pengendara melalui satu aturan.

"Untuk mengantisipasi korban lakalantas, diminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai, dan Kabupaten Paniai harus membuat aturan dan tatatertib yang wajib dipatuhi semua pengendara mobil, truk dan motor." Tambahnya.

Baca juga

Kadisnaker Papua Terbukti Terima Gratifikasi dari PT Freeport Indonesia dan Menunggu Sanksi

Kadepa juga meminta pihak kepolisian untuk mengungkap dan menangkap para pelaku pembakaran kios, serta mengungkap korban lain dalam peristiwa di Dogoyai yang berawal dari lakalantas yang menewaskan bocah 5 tahun.

Untuk itu, Anggota Komisi I DPR Papua itu meminta agar pihak polisi profesional dan tidak mengambinghitamkan kelompok lain dalam penegakan hukum yang diambil.

"Dalam penegakan hukum tersebut saya minta kerja profesional dan tidak mengkambinghitamkan kelompok lain menjadi pelaku atas peristiwa- peristiwa kebakaran dan korban lain yang selama ini terjadi di Dogiyai Papua" Pungkas Laurenzus Kadepa. Stv

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak