YAPEKOPA

Efek Samping Makan Buah (Biji) Pinang

efek samping makan pinang


Di balik beragam manfaat yang ditawarkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah pinang berpotensi menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan. Efek samping ini lebih berisiko muncul jika buah pinang dikonsumsi dengan cara-cara tertentu, misalnya bersamaan dengan tembakau.

Berikut ini adalah beberapa risiko dan efek samping buah pinang yang bisa saja terjadi:

Meningkatkan risiko kanker
Buah pinang diketahui mengandung zat karsinogen, yaitu zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa penggunaan buah pinang dalam jangka panjang dengan cara dikunyah (nyirih) dapat meningkatkan risiko kanker mulut, kanker kerongkongan, dan kanker tenggorokan.

Menimbulkan peradangan mulut
Kebiasaan mengunyah buah pinang diketahui dapat memicu peradangan di dalam mulut. Hal ini dapat memicu berbagai masalah pada mulut, misalnya terbentuknya jaringan parut di rongga mulut dan meningkatnya risiko kanker mulut.

Mengganggu kesehatan saraf dan otak
Buah pinang mengandung zat stimulan alami. Zat ini dapat merangsang kinerja dan aktivitas saraf otak. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, buah pinang dapat mengganggu aktivitas saraf dan otak.

Buah pinang bahkan disebut dapat memicu efek halusinasi jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa riset pun menyebutkan bahwa konsumsi buah pinang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko gangguan mental.

Membahayakan kehamilan dan janin
Hingga saat ini, buah pinang belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bahkan, tak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa buah pinang berpotensi menimbulkan masalah pada kehamilan, misalnya berat badan janin rendah.


Secara umum, buah pinang memang masih terbilang baik dikonsumsi sebagai suplemen herba atau makanan sehat. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan atau dalam jangka panjang, karena buah ini belum terbukti aman sepenuhnya bagi kesehatan.

Meski jarang terjadi, buah pinang juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi tersebut dapat memicu gejala gatal-gatal, mual, diare, hingga sesak napas. Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah pinang, segeralah ke dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat.


Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah pinang dan risikonya bagi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran mengenai konsumsi buah pinang sesuai kondisi kesehatan Anda.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di alodokter.com dengan judul 5 manfaat buah pinang untuk kesehatan yang jarak diketahui dan yang telah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak