YAPEKOPA

Efek Samping Daun Sirih bagi Tubuh Manusia

efek samping makan daun sirih

Walaupun memiliki segudang khasiat yang baik bagi tubuh, penggunaan daun sirih secara berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping. Hal ini harus dihindari agar manfaat daun sirih saja yang dirasakan. Melansir India Parenting, berikut efek samping daun sirih bagi tubuh: 

1. Dapat Menyebabkan Sariawan 
Pemakaian daun sirih dapat menyebabkan masalah mulut seperti sariawan. Pada beberapa kasus, daun sirih dan buah pinang yang dikunyah secara bersamaan ternyata dapat menyebabkan kerusakan DNA. Hal ini berdampak juga terhadap organ mulut lainnya. Untuk menghindari efek samping ini, disarankan agar memakai daun sirih pada waktu tertentu saja.

2. Menimbulkan Kecanduan
Efek samping lainnya yang bisa ditimbulkan oleh daun sirih yaitu menimbulkan kecanduan. Khususnya saat pemakaiannya dicampur tembakau. Seperti diketahui, tembaku dalam bentuk rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya untuk tubuh. Jika pemakaian daun sirih dibarengi dengan tembakau, maka daun tersebut akan bersifat adiktif. 

3. Risiko Masalah Kesehatan Lainnya
Dalam sejumlah studi dan beberapa penelitian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, ditemukan beberapa bukti yang cukup meyakinkan. Konsumsi campuran daun sirih dengan buah pinang memiliki efek samping untuk kesehatan. Terutama pada ibu hamil. Penggunaan kedua bahan tersebut secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko keguguran serta risiko cacat lahir bagi janin di dalam kandungan.


Berdasarkan penjelasan tersebut, sebaiknya ibu hamil menggunakan daun sirih dalam batas wajar. Sehingga manfaat daun sirih dari kandungan di dalamnya seperti mineral, vitamin, dan serat dapat dirasakan tubuh. Komponen-komponen tersebut sangat penting serta dibutuhkan ibu hamil saat mengandung janin. 

Demikian manfaat daun sirih dan efek sampingnya untuk kesehatan. Seperti bahan herbal lainnya, gunakanlah daun sirih sebagai obat alami secara teratur. Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari efek sampingnya.


Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "10 Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan" , https://katadata.co.id/safrezi/berita/619f398722f6c/10-manfaat-daun-sirih-dan-efek-sampingnya-untuk-kesehatan

Penulis: Fathnur Rohman
Editor: Safrezi



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak